Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Labels

Rabu, 25 Januari 2012

Cara Mudah Menggambar dengan Pensil

etiap orang memiliki teknik menggambar sehingga masing-masing gambar dapat memiliki kekhasan atau karakter dari setiap orang tersebut. Namun, ada teknik umum yang menjadi dasar-dasar menggambar melalui beberapa langkah, yaitu membuat pola dasar sebagai rancangan awal, membentuk objek berupa sketsa, pewarnaan, dan pendetailan akhir atau finishing.
Sebelum Anda mulai menggambar, kenalilah objek gambar yang akan dibuat. Pengenalan ini di antaranya berupa struktur, karakter, dan warna. Misalnya, jika Anda ingin menggambar manusia, kenalilah anatominya yang terdiri dari bagian kepala, tubuh, tangan, dan kaki. Kemudian, bedakan karakter masing-masing sesuai jenisnya, baik karena jenis kelamin, profesi, maupun umur.

Bagi Anda yang sudah gemar atau hobi menggambar mungkin hal ini sudah difahami. Yang diperlukan selanjutnya, hanya sebuah pengembangan kreativitas menggambar yang lebih menarik dan menantang melalui teknik-teknik baru yang lebih efisien dan praktis. Contohnya, bagaimana menarik sebuah garis pada setiap lingkaran untuk membentuk objek tertentu atau sebaliknya.

Nah, bagi Anda yang ingin terus mengembangkan atau yang ingin belajar dari 0, Anda bisa memulainya dengan mengenali prinsip-prinsip dasar menggambar. Yakni sebagaimana yang akan dijelaskan dalam buku Drawing Magic karya A.R Studio. Anda akan menemukan berbagai teknik menggambar manusia dengan gaya realistik, gaya karikatur, dan gaya komik.

Di dalam buku terbitan mediakita ini dikupas secara tematik mulai dari menggambar wajah dengan teknik dan tahapan dengan menggunakan pensil 2B sampai 8B (pensil kayu) dan pensil warna. Yaitu terdiri dari membuat pola dasar, pembentukan, pengarsiran, pewarnaan, dan pendetailan gambar.

Selanjutnya ialah menggambar tubuh berdasarkan pengetahuan dasar sikap/gestur tubuh manusia, menggambar karikatur, dan menggambar karakter komik dan manga yang dilengkapi dengan materi mengolah gambar secara digital menggunakan Adobe Photoshop. Selain itu, dilengkapi pula dengan penjelasan berbagai alat dan bahan yang dibutuhkan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar