Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Labels

Rabu, 25 Januari 2012

Cara Melukis di Atas Kain

Melukis di atas kain belakangan ini menjadi trend di kalangan para ibu. Pasalnya bukan hanya bisa dijadikan sekadar hiasan, tetapi ternyata bisa dikembangkan sebagai usaha yang memberikan pemasukan yang cukup lumayan bagi para ibu rumah tangga. Bahkan, di beberapa tempat sudah ada yang menjadikan melukis di atas kain sebagai penghasilan utama atau sebagai home industri walau masih kecil-kecilan.
Berikut ini beberapa petunjuk yang diberikan oleh Nita Murniati untuk Anda agar bisa melukis di atas kain.
Cat khusus kain [Foto: Istimewa]Cat khusus kain [Foto: Istimewa]Pertama, kenali dulu jenis kain yang akan dipakai melukis. Apakah jenisnya sutra, polyester, atau katun. Mengenal jenis kain penting untuk memilih cat yang sesuai. Dan untuk menghidari kesalahan pemilihan cat tekstil, bawa saja potongan kain yang akan dilukis sebagai contoh untuk ditunjukkan kepada pedagang cat tekstil sehingga ia bisa memilihkan cat yang tepat.
 Kedua, melukis di atas kain bisa menggunakan teknik lukis apa pun. Foto: IstimewaFoto: IstimewaNamun, untuk mendapatkan gambar kecil yang detil, seperti garis tipis atau titik, sebaiknya gabungkan teknik melukis dengan kuas dan teknik membatik dengan canting. Lubang canting yang kecil bisa dipilih untuk melukis hal-hal detil.
Foto: IstimewaFoto: IstimewaKetiga, angina-anginkan kain yang sudah dilukis hingga cat meresap pada kain dan kering. Setelah kondisi itu tercapai, cat tak akan luntur saat dicuci.
Foto: IstimewaFoto: IstimewaGambarlah motif sebelum melukis, dengan pensil agar Anda tidak salah. Sebab, jika sudah terlanjur dilukis akan sangat repot jika Anda ingin mengapusnya lagi.
Carilah motif yang sesuai dengan keinginan Anda. Anda bisa dapatkan gambar motif dari berbagai media, seperti di internet, majalah bekas, atau beli langsung gambar motif di toko buku terkemuka.
Jangan takut mengekspresikan jiwa Anda di atas kain, toh Anda kan sebagai pemula jadi tak perlu khawatir. Coba belajar percaya diri bahwa Anda bisa dengan mengatakan ‘orang lain bisa kenapa saya gak bisa?’.

Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar