Pages

Subscribe:

Labels

Rabu, 25 Januari 2012

Cara Mudah Menggambar dengan Pensil

etiap orang memiliki teknik menggambar sehingga masing-masing gambar dapat memiliki kekhasan atau karakter dari setiap orang tersebut. Namun, ada teknik umum yang menjadi dasar-dasar menggambar melalui beberapa langkah, yaitu membuat pola dasar sebagai rancangan awal, membentuk objek berupa sketsa, pewarnaan, dan pendetailan akhir atau finishing.
Sebelum Anda mulai menggambar, kenalilah objek gambar yang akan dibuat. Pengenalan ini di antaranya berupa struktur, karakter, dan warna. Misalnya, jika Anda ingin menggambar manusia, kenalilah anatominya yang terdiri dari bagian kepala, tubuh, tangan, dan kaki. Kemudian, bedakan karakter masing-masing sesuai jenisnya, baik karena jenis kelamin, profesi, maupun umur.

Bagi Anda yang sudah gemar atau hobi menggambar mungkin hal ini sudah difahami. Yang diperlukan selanjutnya, hanya sebuah pengembangan kreativitas menggambar yang lebih menarik dan menantang melalui teknik-teknik baru yang lebih efisien dan praktis. Contohnya, bagaimana menarik sebuah garis pada setiap lingkaran untuk membentuk objek tertentu atau sebaliknya.

Nah, bagi Anda yang ingin terus mengembangkan atau yang ingin belajar dari 0, Anda bisa memulainya dengan mengenali prinsip-prinsip dasar menggambar. Yakni sebagaimana yang akan dijelaskan dalam buku Drawing Magic karya A.R Studio. Anda akan menemukan berbagai teknik menggambar manusia dengan gaya realistik, gaya karikatur, dan gaya komik.

Di dalam buku terbitan mediakita ini dikupas secara tematik mulai dari menggambar wajah dengan teknik dan tahapan dengan menggunakan pensil 2B sampai 8B (pensil kayu) dan pensil warna. Yaitu terdiri dari membuat pola dasar, pembentukan, pengarsiran, pewarnaan, dan pendetailan gambar.

Selanjutnya ialah menggambar tubuh berdasarkan pengetahuan dasar sikap/gestur tubuh manusia, menggambar karikatur, dan menggambar karakter komik dan manga yang dilengkapi dengan materi mengolah gambar secara digital menggunakan Adobe Photoshop. Selain itu, dilengkapi pula dengan penjelasan berbagai alat dan bahan yang dibutuhkan.

Trik Menggambar dengan pensil Cara menggambar mata Untuk lukisan pensil

Berikut gambar sederhana untuk mempermudah memahami caran yang menunjukkan garis besar menggambar mata,Bagian penting yang harus di ingat adalah bagian-bagian mata.sambil melihat langsung saja sambil menggambar
berikut langkah-langkah yang sederhana..
1.kelopak mata(yang seperti pisang itu


2.lalu pupil atau bagian yang bulat hitam itu,

3.lalu bulatan hitam yang ada di dalam pupil…aku menyebutnya inti mata


4.Dan bagian yang tak kalah penting adalah gelembung putih yang dibuat di bagian pupil untuk membuat kesan berkaca,
5.tinggal memberi warna hitam sana-sini

6.wo iya yang dibikin hitam legam yang pinggir-pinggir pupil semakin ke inti mata semakin ringan ngarsirnya tapi tetap hitam,yang putih cuma yang sbagai gelembung efek kacanya












berikut ini contoh lain,









oh iya sekedar pemberitahuan,saya menggunakan pensil jenis 8b,sedangkan jenis yang sering saya gunakan adalah 2b,5b,8b ..sebenarnya memakai 2b saja sudah cukup sebab dengan sedikit latihan atau bahasa susahnya dengan “tehnik tertentu” dengan pensil 2b saja bisa menghasilkan kehitaman sampai tingkat 8b okay yang pertama menggambar bentuk pisang
Bulatan sebagai pupil
Inti mata
Gelembung
Dan finishing menghaluskan sana-sini,atau bahasa gampangnya dikira-kira,di mirip-miripin,dan dibandingkan,jadilah mata yang mengkilap seperti aslinya..karna mata selalu dilapisi air mata,air mata adalah cairan yang sangat sensitive dengan suasana hati haha,,okay terus berlatih,berkarya ,sampai menghasilkan mahakarya..

Cara Melukis di Atas Kain

Melukis di atas kain belakangan ini menjadi trend di kalangan para ibu. Pasalnya bukan hanya bisa dijadikan sekadar hiasan, tetapi ternyata bisa dikembangkan sebagai usaha yang memberikan pemasukan yang cukup lumayan bagi para ibu rumah tangga. Bahkan, di beberapa tempat sudah ada yang menjadikan melukis di atas kain sebagai penghasilan utama atau sebagai home industri walau masih kecil-kecilan.
Berikut ini beberapa petunjuk yang diberikan oleh Nita Murniati untuk Anda agar bisa melukis di atas kain.
Cat khusus kain [Foto: Istimewa]Cat khusus kain [Foto: Istimewa]Pertama, kenali dulu jenis kain yang akan dipakai melukis. Apakah jenisnya sutra, polyester, atau katun. Mengenal jenis kain penting untuk memilih cat yang sesuai. Dan untuk menghidari kesalahan pemilihan cat tekstil, bawa saja potongan kain yang akan dilukis sebagai contoh untuk ditunjukkan kepada pedagang cat tekstil sehingga ia bisa memilihkan cat yang tepat.
 Kedua, melukis di atas kain bisa menggunakan teknik lukis apa pun. Foto: IstimewaFoto: IstimewaNamun, untuk mendapatkan gambar kecil yang detil, seperti garis tipis atau titik, sebaiknya gabungkan teknik melukis dengan kuas dan teknik membatik dengan canting. Lubang canting yang kecil bisa dipilih untuk melukis hal-hal detil.
Foto: IstimewaFoto: IstimewaKetiga, angina-anginkan kain yang sudah dilukis hingga cat meresap pada kain dan kering. Setelah kondisi itu tercapai, cat tak akan luntur saat dicuci.
Foto: IstimewaFoto: IstimewaGambarlah motif sebelum melukis, dengan pensil agar Anda tidak salah. Sebab, jika sudah terlanjur dilukis akan sangat repot jika Anda ingin mengapusnya lagi.
Carilah motif yang sesuai dengan keinginan Anda. Anda bisa dapatkan gambar motif dari berbagai media, seperti di internet, majalah bekas, atau beli langsung gambar motif di toko buku terkemuka.
Jangan takut mengekspresikan jiwa Anda di atas kain, toh Anda kan sebagai pemula jadi tak perlu khawatir. Coba belajar percaya diri bahwa Anda bisa dengan mengatakan ‘orang lain bisa kenapa saya gak bisa?’.

Selamat mencoba!

Cara Melukis Manga

Saya ingin membagi sedikit tips buat para amatir yang mau belajar membuat komik atau Lukis Kartun seperti saya. Yah, tips saya mungkin baru bisa untuk Gambar Kartun kepala dan wajah saja tapi semoga bermanfaat karena trik Lukis Gambar ini sangat bermanfaat buat saya.
Tips #1Tentukan bentuk wajah karakter yang anda sukai. Kenapa? Karena biasanya dalam buku panduan Gambar Kartun bentuk wajah sesuai dengan bentuk wajah yang di sukai atau dikuasai penulis buku panduan tersebut. Bentuk karakter wajah beragam, anda boleh saja melihat komik-komik Jepang yang ada sebagai referensi. Misalnya: ada wajah yang chubby ala anak-anak ciptaan Asuko Hayashi. Wajah pendek bulat dengan mata yang super besar dan kebanyakan menampakkan karakter anak-anak ceria milik Kimoto Yuki. Wajah langsing yang tampak dewasa buatan Naoko Taekuchi. Walaupun atari (kerangka) bentuk kepala memang sama saja tapi memutuskan bentuk yang anda suka selagi belajar membuat atari akan mempengaruhi bentuk akhir dari gambar anda. Kalau saya lebih suka gaya Morie Mako dan Kohara Yuko yang cute.
Tips #2Berlatih Lukis Gambar satu untuk banyak. Maksudnya begini, dalam wajah karakter ada banyak hal yang mempengaruhi hasil akhirnya (ekspresi), bentuk bibir, bentuk mata, bentuk alis, bentuk rambut, dan arah kepala. Biasanya saya berlatih seperti ini misalnya saya berlatih menggambar kepala menghadap depan saya akan buat berbagai ekspresi dari ekspresi biasa, marah, sedih, murung, malu, kaget, lembut, dan mencoba berbagai macam model rambut. Dan begitu pula untuk kepala yang menghadap kearah lain-lain. Garansi dari saya: bisa cepat mahir (Les Melukis).
Tips #3File semua gambar-gambar Lukis Kartun yang sudah anda buat. Kalau anda banyak membuat gambar dan tekun anda akan selalu bisa melihat perubahan demi perubahan dari setiap lembar gambar yang anda buat. Dan anda pasti akan tersenyum puas jika melihat kemajuan pelajaran anda.
Tips #4Dalam setiap gambar yang anda rasa salah atau tidak bagus atau tampak aneh, anda harus analisa dan perhatikan benar-benar apa yang membuat tampak aneh atau tidak alami, setelah itu catat agar dilain waktu anda ingat tidak mengulang kesalahan tersebut (Les Melukis).
Tips #5Anda harus rajin-rajin melihat dan mempelajari gambar wajah dari berbagai arah dan gaya, baik itu dari komik, foto, atau melihat manusia aslinya (Les Lukis). Dengan begitu anda akan menghasilkan gambar yang natural dan proporsional walaupun ada yang sedikit di hiperbola.
Tips #6Jangan pernah anggap remeh apapun yang anda kerjakan. Maksudnya walaupun ini (hanya??) menggambar anda harus benar-benar konsentrasi dan tenang hingga anda bisa memasukkan emosi apapun kedalam gambar anda dan menjadikan ekspresi gambar anda sesuai dengan apa yang anda inginkan. Lihat Les Lukis dan Sanggar Melukis.
Untuk amatir yang Belajar Melukis secara otodidak seperti saya pasti membutuhkan waktu yang lama, namun jika kita benar-benar menyukai dan menikmati (Sanggar Melukis) ini pasti ada rasa bahagia yang mendalam jika berhasil menyelesaikan karya pertama kita nanti. Dan walaupun saya tidak tahu apakah saya bisa memanfaatkan Belajar Melukis saya ini kearah yang lebih profesional tapi setidaknya saya menyukai ini dan hati saya merasa senang (Sanggar Lukis). Dan syukur alhamdulillah saya tidak pernah merasa terlambat untuk belajar apapun selama itu bisa bermanfaat dan saya menyukainya .

Cara Melukis Wajah Dengan Pensil


Lukisan Wajah Dengan Pensil
Bagi pelukis pemula kebanyakan agak kesulitan ketika melukis wajah sebab wajah menggambarkan isi pikiran atau isi hati seseorang misalnya orang sedang senyum, marah, benci, dendam, cemberut, senang dan sebagainya.
Menggambar atau melukis foto wajah selain sebagai hobi dapat juga berguna untuk pengembangan kemampuan visual dalam menggambar sebuah objek yang realis, seperti objek manusia atau objek tiga dimensi lainnya dalam bidang dua dimensi.
Terdapat dua macam menggambar foto wajah; yang pertama yaitu memindahkan wajah dalam foto ke bidang gambar semirip mungkin dan yang kedua memindahkan wajah dalam foto ke bidang gambar hanya dengan mengambil esensi dari wajah yang akan digambar. Pada kasus yang pertama dibutuhkan kemampuan visual yang cermat serta pengetahuan dasar mengenai anatomi wajah manusia. Sedangkan pada kasus yang kedua selain memiliki kamampuan visual dan pengetahuan anatomi wajah, juga dibutuhkan kemampuan membaca karakter dari objek.
Pasang Iklan

Cara Melukis Wajah Dengan Pensil

Cara Melukis Wajah Dengan Pensil



Lukisan Wajah Dengan Pensil
Bagi pelukis pemula kebanyakan agak kesulitan ketika melukis wajah sebab wajah menggambarkan isi pikiran atau isi hati seseorang misalnya orang sedang senyum, marah, benci, dendam, cemberut, senang dan sebagainya.
Menggambar atau melukis foto wajah selain sebagai hobi dapat juga berguna untuk pengembangan kemampuan visual dalam menggambar sebuah objek yang realis, seperti objek manusia atau objek tiga dimensi lainnya dalam bidang dua dimensi.
Terdapat dua macam menggambar foto wajah; yang pertama yaitu memindahkan wajah dalam foto ke bidang gambar semirip mungkin dan yang kedua memindahkan wajah dalam foto ke bidang gambar hanya dengan mengambil esensi dari wajah yang akan digambar. Pada kasus yang pertama dibutuhkan kemampuan visual yang cermat serta pengetahuan dasar mengenai anatomi wajah manusia. Sedangkan pada kasus yang kedua selain memiliki kamampuan visual dan pengetahuan anatomi wajah, juga dibutuhkan kemampuan membaca karakter dari objek.
Berikut ini beberapa cara melukis wajah dengan pensil :


1. Tentukan Tema
ketika anda hendak melukis wajah anda harus memastikan wajah yang anda gambar, apakah wajah senyum, cemberut, dan sebagainya. Selain itu tentukan wajah yang anda lukis itu apakah lak-laki atau perempuan apakah orang dewasa, remaja atau anak-anak. Jika anda sudah menentukan tema lukisan anda maka anda tinggal menggunakan insting melukis anda.
2. Pilih Model
Misalnya jika anda hendak melukis orang yang sedang sedih, maka anda harus mencari seorang model yang bisa berakting wajah yang bersedih. Maka anda harus bisa menjalin komunikasi yang baik dengan model anda.
3. Bua Seketsa
Membuat seketsa ini sangat penting agar wajah yang anda gambar bisa akurat. Buatlah seketsa wajah terlebih dahulu terutama di bagian dahi, alis, mata, hidung, mulut dan pipi. Sebab di bagian-bagian itulah yang bisa menggambarkan perasaan sesorang.
4. Perhatikan Obyek
Untuk mempermudah proses penggambaran, sangat dianjurkan untuk membiasakan mata kita melihat objek yang akan digambar, dalam hal ini foto wajah yang akan digambar.  Peletakan objek yang akan digambar juga sebaiknya berdekatan atau seolah-olah berdekatan dengan bidang gambar.  Arah mata kita harus selalu berpindah-pindah dari bidang objek ke bidang gambar.
Begitulah tips atau cara melukis wajah degan pensil untuk lebih jelasnya anda bisa berkunjung ke alamat dibawah ini. Silahkan di copy paste :
http://khanzaku.wordpress.com/2010/02/27/belajar-menggambar-cara-menggambar-wajah/